Tips Menghemat Kuota Paket Data Internet

Tips Menghemat Kuota Paket Data Internet


 


Internet jelas telah menjadi peran yang penting dalam kehidupan kita setiap harinya. Sebab semua hal kini begitu terkoneksi dan membutuhkan hal internet, seiring meningkatnya kecanggihan teknologi. Dimana kita kerap berurusan dengan masalah baru yaitu: penggunaan kuota atau paket data di smartphone yang menjadi lebih boros. Kamu pasti pernah berada dalam situasi di mana kamu baru saja mengisi kuota atau paket data lalu beberapa waktu kemudian muncul pemberitahuan bahwa kuota internet sudah habis. Dalam penggunaan paket data internet pada umumnya menganut sistem prabayar dan memiliki jumlah kuota yang terbatas. 


Sebagian dari Kamu mungkin pernah mengalami hal tersebut bukan?. Keinginan untuk mengakses internet menjadi terganggu karena masa aktif atau kuota paket data internet telah habis. Agar penggunaan paket data internet Anda bisa menjadi lebih hemat, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan.


1. Gunakan Browser Ramah Kuota

Salah satunya adalah dengan menggunakan browser yang ramah kuota. Meski memiliki fungsi yang sama, penggunaan data internet pada browser tidaklah selalu sama. Bisa jadi, aplikasi browser yang Anda gunakan saat ini memiliki kinerja yang kurang efisien sehingga menyerap kuota internet yang terlalu banyak.

Agar hal ini bisa Anda atasi, segeralah untuk memeriksa penggunaan internet pada browser pada smartphone Anda. Jika penggunaan internetnya cukup besar, Anda bisa mulai beralih menggunakan browser seperti, Opera Lite ataupun Firefox Lite. Dengan begitu, penggunaan kuota internet Anda akan menjadi lebih hemat.


2. Batasi Background Data yang Berjalan

Ada banyak aplikasi yang berjalan sebagai background di Android. Misalnya WhatsApp, Instagram, Facebook, atau bahkan game yang tidak dimatikan secara sempurna. Maka jangan heran jika mereka menyedot sebagian paket data yang kamu miliki. 


Untungnya, ada cara untuk meminimalisasi background data tersebut. Lalu bagaimana caranya? Buka Settings Data usage. Kemudian sederet aplikasi pun akan muncul berdasarkan seberapa banyak data yang ia pakai. Klik aplikasi yang ingin kamu batasi, kemudian klik Restrict app background data


Perlu diketahui bahwa cara ini akan membatasi gerak aplikasi. Misalnya, ketika kamu mengaplikasikannya ke Facebook, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi sebanyak sebelumnya. 


3. Gunakan Fasilitas Wi-fi Sesering Mungkin

Bagi Anda yang memiliki akses Wi-Fi ataupun Hotspot, ada baiknya untuk menggunakan fasilitas tersebut saat harus mengupdate aplikasi yang terpasang di HP Anda. Dengan begitu, paket data internet Anda hanya digunakan untuk keperluan yang lebih penting saja. 


4. Gunakan Aplikasi yang Lebih Ringan

Kita yang lebih sering menggunakan media sosial, maka contoh aplikasi Facebook Lite yang ditujukan bagi para penguna Facebook. Facebook Lite yang lebih 'ringan' dibanding aplikasi Facebook lainnya mampu mengurangi penggunaan kuota dan juga menghemat baterai. TweetCaster juga hadir selayaknya Facebook Lite untuk mereka yang ingin tetap memakai Twitter namun tetap hemat kuota. Untuk kamu yang pengin tetap mudah dalam menggunakan aplikasi dalam jualan pulsa dan paket data, maka portalpulsa adalah juga contoh aplikasi yang ringan dan tentunya sangat menguntungkan karena hanya memakai data yang sangat sedikit saat transaksi.


5. Atur Limit Penggunaan Data di Smartphone

smartphone kita mampu mengetahui berapa besar kuota atau paket data internet yang kita gunakan setiap harinya. Untuk menghemat kuotamu, kamu bisa masuk ke menu Settings dan mengatur jumlah limit penggunaan data di smartphone. Nyalakan fitur peringatan data, jadi kamu bisa mendapat notification bila kuota yang kamu gunakan di smartphone sudah mendekati limit yang ditentukan



Diposting pada tanggal 2021-03-01 15:12:23. Dilihat sebanyak 461 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB