Hindari 5 Kesalahan Pemula Ini Saat Memulai Usaha

 


 


Hindari 5 Kesalahan Pemula Ini Saat Memulai Usaha


 


Bisnis atau usaha adalah jenis kegiatan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama. Banyaknya potensi usaha saat ini membuat kegiatan tersebut bisa sangat menjanjikan. Bahkan tidak jarang para karyawan kantoran yang banting stir ke bidang bisnis. Kemudahan mendapatkan informasi di era digital ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang melirik untuk membuka usaha sendiri.


Selain itu, kemunculan jenis usaha saat ini juga sangat menjanjikan. Oleh karena itu, tidak ada kata terlambat bagi kamu untuk memulai usaha sendiri. Jangan terlalu khawatir soal pendapatan, karena dengan strategi bisnis yang tepat maka penghasilan dari bisnis akan sangat cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari.


Para pelaku usaha dengan jam terbang tinggi sekalipun tidak bisa luput dari situasi pasang surut maupun risiko kegagalan berbisnis. Belajar dari kesalahan para pebisnis lainnya adalah salah satu upaya efektif yang dapat dilakukan para pebisnis pemula agar mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam bisnis mereka. Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam berbisnis yang dapat dihindari oleh para pebisnis pemula.


1. Perencanaan bisnis tidak berorientasi jangka panjang

Menjalankan usaha tanpa memiliki perencanaan matang sangat berisiko mengalami kegagalan. Tidak adanya perencanaan matang tentang produk, strategi pemasaran, dan berbagai jenis rencana cadangan akan memuat bisnis berjalan dengan lambat atau bahkan jalan ditempat. Orientasi berbisnis adalah investasi memperoleh keuntungan jangka panjang. Oleh karena itu, siapkan hal-hal terkait perencanaan dengan matang sebelum usaha dimulai.


Kamu bisa mulai dengan menentukan jenis barang jualan, teknik pemasaran yang digunakan, teknik penjualan, pilih model usaha, menghitung modal, bagaimana cara topup saldo untuk transaksi terjadwal dan berbagai hal penting lainnya. Dengan begitu, meskipun bisnis masih baru, kamu tidak akan dengan mudah tumbang dan mengalami banyak masalah.


2. Ingin sukses instan

Tidak ada kesuksesan yang dapat terjadi dalam waktu satu malam. Sebagai contoh untuk menjadi agen pulsa murah tentu kita harus bekajar dulu tentang bagaimana cara deposit pulsa  selanjutnya bagaimana cara transaksinya juga tentang pelayanan konsumen yang juga menentukan sukses tidaknya jualan pulsa murah kita.


Membangun kesuksesan bisnis membutuhkan waktu yang panjang dan juga proses yang berliku. Banyak pebisnis yang ingin meraih kesuksesan secara instan dengan mencoba menempuh berbagai jalan pintas, sehingga tak jarang jika mereka akhirnya menjadi tidak fokus lagi pada tujuan awal mereka membangun bisnis.


3. Telat Memutuskan berbisnis

Kesalahan berikutnya yang harus dihindari oleh para pebisnis pemula adalah jangan sampai telat masuk ke dalam pasar karena telat mulai usaha. Saat sudah mempunyai tujuan dan perencanaan yang matang, lebih baik langsung saja eksekusi. Semakin cepat realisasi bisnis dilakukan, maka semakin cepat pula kamu bisa mengejar pasar.


Perlu diketahui, menunda-nunda sesuatu bukanlah hal yang baik, termasuk juga menunda untuk mewujudkan bisnis. Bahkan, tidak jarang banyak pebisnis terlambat masuk ke pasar karena menunda memulai usaha. Pada saat pasar sudah dikuasai oleh para kompetitor, peluang untuk dapat bersaing atau bahkan menyamai level pesaing akan sangat sulit.


4. Pengelolaan Keuangan Tidak Baik

Untuk bisnis dalam skala kecil, pengelolaan keuangannya mungkin tidak terlalu rumit. Namun, saat memegang usaha dalam skala cukup besar, manajemen keuangan jadi hal yang sangat penting. Pengelolaan uang yang baik akan membuat kamu bisa melihat dengan baik tentang berbagai aspek keuangan seperti laba, rugi, modal, dan lain sebagainya.


Selain itu, memiliki pengelolaan uang yang baik bisa membuat perusahaan mengambil keputusan dengan lebih akurat. Oleh karena itu, agar usaha bisa berjalan dengan lancar, memiliki sistem pengelolaan uang yang baik merupakan hal wajib untuk dilakukan.


5. Menutup Diri dari Saran dan Kritik

Terbuka pada saran dan kritik merupakan langkah penting dalam berbisnis. Kedua hal tersebut dapat digunakan untuk membangun bisnis menjadi lebih bagus lagi. Apabila hal tersebut diabaikan, itu merupakan salah satu tanda bahwa kamu adalah pebisnis yang tidak mau berkembang dan angkuh. Menjadi orang yang anti kritik dan saran hanya akan membuat bisnis tidak berkembang.


Meskipun begitu, dalam menerima kritikan dan saran juga harus selektif. Misalkan untuk kelangsungan usaha konter pembayaran ppob murah perlu juga saran serta kritik yang bisa membangun kelangsungan usaha. Abaikan saja bentuk saran atau kritik yang destruktif, karena tidak akan memberikan manfaat apa-apa untuk bisnis.


 



Diposting pada tanggal 2022-06-06 09:32:27. Dilihat sebanyak 232 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB