Begini Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu

 


Begini Cara Menghemat Baterai Smartphone Android Kamu


 


Saat ini smartphone Android telah memiliki beragam macam fungsi seperti memutar video, berinteraksi di media sosial, mencari rute ke suatu tempat, hingga bermain game online. Ini tentunya, fungsi smartphone yang komplit itu bakal menguras baterai lebih cepat.


Apakah kamu sudah tahu? Bahwa baterai smartphone yang cepat habis disebabkan oleh sejumlah 3 hal, di antaranya yakni karena layar, aplikasi dan layanan latar belakang, dan area dengan layanan buruk. Untuk itu kualitas jaringan saat penggunaan data internet murah ternyata juga menjadi salah satu faktor borosnya baterai smartphone.


Kendati demikian ada beberapa langkah mudah yang dapat diterapkan agar baterai smartphone Android kamu bisa bertahan lebih lama.


Turunkan tingkat kecerahan

Suhu panas yang terlalu lama bisa berakibat buruk terhadap komponen di dalam smartphone. Efek negatif lainnya adalah konsumsi baterai menjadi lebih besar alias boros karena layar menyala sangat terang. Pada saat berselancar di media sosial kerap memilih meningkatkan tingkat kecerahan pada layar.


Ternyata semakin cerah layar ponsel, penggunaan daya baterai juga akan semakin meningkat. Bagi yang memilih fitur otomatis untuk mengatur kecerahan layar ponsel, tak disangka hal ini juga menguras baterai lebih cepat jika dibandingkan pengaturan secara manual.


Matikan NFC, GPS, dan WiFi 

Namanya juga ponsel pintar, maka mempunyai banyak kelebihan. Karena kelebihannya yaitu multitasking, sebaiknya penggunaan fitur dikondisikan sesuai kebutuhan. Jadi, disarankan untuk menyalakan sinyal radio ponsel hanya ketika dipergunakan.


Sinyal radio ponsel antara lain NFC, GPS, Wi-Fi, Bluetooth dan lain sebagainya. Jadi, jangan sampai melupakan mematikan fitur-fitur tersebut setelah menggunakannya.


Hindari Penggunaan "widgets" atau "live wallpapers"

Wallpaper beranimasi di ponsel pintar memang memanjakan mata. Tapi yang indah-indah belum tentu baik untuk performa baterai. Karena pergerakan ini membutuhkan daya yang besar menyebabkan konsumsi baterai tinggi akibat prosesor alias mesin ponsel bekerja ekstra kerja keras secara terus-menerus.


Apalagi menggunakan widgets yang senantiasa membutuhkan pembaharuan atau update via sambungan internet.


Mode getar lebih boros

Ya, ternyata mode getar lebih menggunakan daya yang lebih besar dibandingkan mode suara. Bayangkan notifikasi di ponsel pintar begitu banyak, kalau menggunakan fitur ini yah silahkan ambil resiko menguras daya baterai kamu. mode getar bisa menghabiskan lebih banyak baterai ketimbang saat memakai mode ringtone.


Semakin lama waktu standby layar ponsel, semakin besar juga daya yang dikeluarkan baterai. Jadi jika ingin menghemat baterai ponsel, persingkat saja waktu standby perangkat kamu.


Memang fitur termasuk favorit dibandingkan mode suara yang mengganggu. Sebenarnya tidak masalah menggunakan mode getar, asal sesuai kebutuhan, contohnya ketika sedang ada pertemuan penting. Jadi suara ponsel tidak mengganggu meeting kamu, bukan? Ingat, biarpun mempunyai ponsel pintar, belum tentu penggunanya bisa menggunakan secara pintar.


Matikan notifikasi yang tidak penting

Pada saat menyalakan ponsel pertama kali di pagi hari, notifikasi langsung datang memborbardir. Menyebabkan daya baterai saya cepat habis. Karena semakin banyak aplikasi yang terdapat dalam ponsel maka makin banyak notifikasi yang muncul tentunya hal ini makin memberatkan kinerja gawai tersebut. Apalagi jika kamu memanfaatkan gawai untuk alat transaksi pulsa murah tentu semakin lama penggunaanya.


Cara mengatasinya adalah dengan mematikan notifikasi yang tidak penting. Silahkan dicari pada menu "Pengaturan/setting" lalu menuju ke menu "App notification" atau semacamnya.


Jaga temperatur ponsel senantiasa dingin

Jika kamu seorang yang doyan main game online, apalagi dengan banyaknya voucher game online murah yang mudah didapat lewat aplikasi jual pulsa maka, akan berimabsa pada temperatur ponsel semakin menghangat ibarat pengantin baru yang masih mesra-mesranya. Apalagi jika di bawah sinaran matahari, seperti artis-artis pencari sensasi pada dunia pergosipan, semakin digosok makin "hot", demikian pula temperatur ponsel akan makin panas. 


Perlakuan tersebut akan membuat baterai makin terkuras habis. Oleh karena itu hindari paparan sinar matahari langsung. Performa baterai akan maksimal dan hemat jika digunakan pada suhu normal atau tidak panas. Anda juga bisa gunakan aplikasi untuk mendinginkan ponsel secara instan.


Gunakan sebijak mungkin kapasitas memori

Pernahkah pada saat sedang mengambil gambar dengan ponsel pintar kamu, mendadak keluar notifikasi bahwa kapasitas memori sudah mengarah ke ambang batas maksimal sehingga akan menyebabkan performa ponsel tidak akan 100 % berfungsi seutuhnya?


Berarti kamu mengalami problema yang sama. Memang yang paling banyak isinya adalah file gambar. Intinya, semakin penuh memori ponsel kamu, semakin berat kerja prosesornya. Ibarat mobil yang sedikit muatan akan mempunyai akselerasi lebih baik dibandingkan yang penuh dengan muatan bukan ?


Demikian tips dan trik distributor pulsa murah poratalpulsa, semoga bermanfaat untuk kepentingan hidup dan matinya ponsel pintar kamu.



Diposting pada tanggal 2021-09-21 14:16:59. Dilihat sebanyak 337 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB