Hapus File WhatsApp HP Android Jika Memori Sering Cepat Penuh

 


Hapus File WhatsApp HP Android Jika Memori Sering Cepat Penuh


 


Aplikasi pesan singkat WhatsaApp kini seperti menjadi kebutuhan primer bagi jutaan pengguna telepon pintar untuk bertukar pesan dalam bentuk teks, gambar, video, suara, dan lainnya. Namun seiring waktu, aplikasi ini menyedot banyak memori internal ponsel.


Data dari WhatsApp umumnya berkisar antara 500 MB sampai 2 GB. Semakin banyak obrolan yang dilakukan maka data tersebut akan semakin banyak. Karena sekarang WhatsApp transaksi pulsa juga bisa makanya Salah satu file yang diproduksi WhatsApp dan berukuran sangat besar adalah msgstore. File ini bisa ditemukan pada folder WhatsApp yang ada pada file manager.


File msgstore merupakan file backup otomatis yang ada di WhatsApp dan muncul beberapa bulan sekali. Data-data pada WhatsApp, seperti teks, video, gambar, stiker, rekaman suara, dan lain-lain akan di-backup menjadi file msgstore. File ini akan berguna bagi ketika pemilik ponsel tidak sengaja menghapus WhasApp. Lalu bagaimana cara termudah menghapus seluruh media library WA di perangkat Android kita?


Buang Media File dengan Menggunakan File Manager

Seperti semua app Android lainnya, untuk menyimpan file-file medianya, WA menggunakan folder khusus di memori smartphone-mu. Kamu bisa menemukannya di folder SD card/WhatsApp/Media folder yang di dalamnya berisi sub-folder untuk audio, images, video dan voice. PCplus menggunakan ES File Explorer untuk tugas ini, tapi kamu bisa memakai file manager lain yang tersedia di Android.


Cara ini bisa dipakai kalau kamu hanya mau menghapus tipe tertentu dari media file. Ini misalnya file-file video untuk WA. Jadi kalau kamu mau menghapus semua video yang kamu kirimkan dan terima dengan WA, pilih saja folder WhatsApp Video, lalu hapus. Cara sama bisa agen pulsa lakukan untuk file-file gambar dan audio. Mudah bukan? Tapi sebelum melakukan cara ini, silakan dulu backup file-file gambar yang kamu anggap perlu.


Kamu tak perlu kuatir menghapus seluruh folder. Karena ketika kamu mengunduh sebuah video atau file media baru lainnya, WA otomatis akan membuatkan hierarki folder.


Hapus Semua Media Files WA

Oh ya, membuang folder media WA bisa kamu lakukan melalui file explorer. Namun cara terbaik untuk menghapus semua media files adalah dengan menggunakan Android Storage Settings.


Di bawah Android storage settings, cari bagian Misc storage dan tap di situ. Lalu cari opsi WhatsApp dan beri tanda centang. Kamu akan bisa melihat jumlah ruang simpan yang disita di memori perangkatmu. Begitu opsi sudah dicentang, tap pada tombol Delete.


Sayangnya menghapus media files WA akan menghasilkan tautan-tautan terputus di gallery Android-mu. Ini bisa kamu atasi dengan memilih Settings, lalu masuk ke bagian Apps. Di bagian All Apps, cari Media Storage, lalu tap dan bersihkan data app dengan menggunakan tombol Clear data. Ini bisa mengurangi tempat yang penuh setelah penggunaaan data internet murah yang berlebihan.


Setelah itu, restart smartphone dan tunggu sampai ia membangun kembali database thumbnail.


Sebagai catatan” Membersihkan app data WA dari Android Setttings akan menghapus seluruh media library WA, jadi hati-hati menggunakannya. Semua pesan mungkin akan terhapus, dan WA di-reset ke factory settings.


Nah itulah cara hapus file media di WhatsApp. Agen pulsa murah bisa melakukan cara diatas secara berkala agar HP tidak lemot dan selalu optimal. Dengan begitu kinerja ponsel akan normal kembali dan siap digunakan baik untuk pemakaian sehari-hari atau bisa juga memperlancar transaksi pulsa murah lagi. Selamat mencoba! 


 



Diposting pada tanggal 2022-03-22 14:38:16. Dilihat sebanyak 63 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB