Kira-kira Berapa Kebutuhan Kuota Internet Dalam Sebulan Ya?

 


Kira-kira Berapa Kebutuhan Kuota Internet dalam Sebulan Ya?


 


Pada era teknologi yang tengah berlangsung saat ini, penggunaan internet sudah sangat melekat di dalam diri kita. Bagaimana tidak, segala kegiatan yang kita lakukan saat ini, seperti mencari sebuah informasi, mendapatkan berbagai hiburan, bahkan hingga melakukan komunikasi, semua dilakukan dengan dengan menggunakan jaringan internet.


Berbicara mengenai 'ketergantungan' kita akan internet, lalu muncul sebuah pertanyaan, "Sebenarnya berapa sih kuota yang dibutuhkan untuk sebuah smartphone?" Sobat agen pulsa murah, berikut ini adalah kisaran kuota yang dibutuhkan sebuah smartphone yang digunakan untuk melakukan aktivitas menjelajah internet:


lalu Berapa Besar Kuota yang Dibutuhkan?

Sebelumnya mari kita jabarkan dulu bagaimana setiap aplikasi menguras kuota yang kita miliki. Nah, berikut adalah beberapa aplikasi tersebut:


1. TikTok

Menurut sumber dari Data Indonesia, TikTok menjadi aplikasi paling boros dan menduduki peringkat pertama. Dalam 1 jam, pengguna bisa menghabiskan sekitar 840 Mb kuota internet hanya untuk melihat video-video yang ada di dalamnya.


Bayangkan jika Anda scroll TikTok seharian penuh, tentu akan banyak kuota yang terserap. Meski cukup boros, namun sampai detik ini kepopuleran TikTok masih terus berlanjut. Sebab, aplikasi berbasis video yang satu ini mampu menjadi sumber penghasilan untuk para pengguna.


2. Instagram

Jika kalian online Instagram hanya untuk menonton video, maka kuota yang kalian gunakan adalah sebesar 141mb per 20 menit. Jika kita tonton adalah secara random di pencarian Instagram. Jadi jika kita akumulasikan maka jika kalian menggunakan instagram hanya untuk menonton video saja, maka kalian akan menghabiskan sekitar 7 MB permenit, 423 Mb per jam.


Skenario kedua: 20 menit hanya melihat foto dan status pengguna lain. Untuk kegiatan ini perkiraannya bisa menghabiskan kuota 120 mb per 20 menit. Maka jika kita hitung perjam, maka jika kalian hanya melihat foto akan menghabiskan kuota sebanyak 6 MB permenit, dan 360 MB perjam.


3. Facebook

Media sosial satu ini diketahui merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Tentunya kalian juga menggunakannya bukan? Memiliki beberapa fitur yang mirip dengan Instagram (berbagi foto, video dan stories), aplikasi ini bisa digunakan dengan lebih hemat, karena dapat berbagi hanya menggunakan teks atau status saja. Tercatat, untuk melakukan like 10 postingan, membuat satu status dan mem-posting satu foto, Facebook mengkonsumsi 2MB saja. Namun ingat, dalam keseharian, kita tidak hanya menggunakan Facebook untuk melakukan hal tersebut. Pastinya akan lebih boros data internet murah.


4. Google Chrome (Browser)

Suka melakukan browsing untuk mencari berbagai informasi? Siapkan kuota yang banyak lho ya! Pasalnya, kegiatan browsing sendiri cukup banyak menyedot kuota internet yang kita miliki. Misalnya saja, ketika kita harus membuka 2 situs yang memiliki tampilan kompleks saja, kita bisa menghabiskan kuota mencapai 5 MB. Bayangkan jika situs yang kita buka berjumlah puluhan, tinggal dikalikan saja  berapa kebutuhan kuotanya.


5. Aplikasi Chatting, Voice Call, dan Video Call (BBM, WhatsApp, LINE)

Sebagai salah satu dari aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh masyarakat, BBM, WhatsApp dan LINE terbilang hemat kuota. Ketika kita menggunakan BBM untuk berbalas pesan dengan 2 kontak dan 2 grup, serta melihat-lihat di Recent Updates, aplikasi ini hanya menghabiskan kuota 824KB. Sementara itu, ketika menggunakan WhatsApp, aplikasi ini hanya menghabiskan kuota 9KB untuk 9 chat yang dikirim dan diterima.


Tidak jaug berbeda dengan LINE, ketika aplikasi ini digunakan untuk melakukan video call selama satu menit, berkirim 2 pesan dan 1 sticker, LINE hanya menghabiskan kuota 600KB loh! Namun perlu diingat, jika ketiga aplikasi ini sering sekali kalian gunakan untuk mengirimkan gambar dan video, siap-siap saja untuk menerima SMS peringatan bahwa kuota habis sebelum waktunya ya!


5. Aplikasi Musik (Spotify, JOOX)

Siapakah diantara kalian yang sering sekali mendengarkan musik streaming melalui smartphone? Untuk urusan ini, Spotify dan JOOX mungkin adalah juaranya. Untuk urusan kuota yang dihabiskan ternyata cukup banyak loh. Sebagai contoh, ketika memutar 2 lagu saja di SPotify dengan kualitas suara yang normal, aplikasi ini bisa menghabiskan kuota mencapai 10 MB. Kebayang kan jika setiap hari kalian selalu melakukan streaming musik? Selain bikin kuping panas, tentunya bikin kantongmu semakin tipis!


6. YouTube

Aplikasi satu ini juga merupakan salah satu aplikasi favorit yang kini banyak digunakan oleh masyarakat di semua kalangan. Karena konten yang diputar adalah sebuah video, tentunya paket data internet yang dikuras dari aplikasi ini terbilang cukup banyak. Untuk video berdurasi 15 menit saja kita bisa menghabiskan kuota mencapai 16 MB. Cukup menguras kantong bukan?


Berapa Kuota Ideal yang Dibutuhkan?

Menurut Jurnal Apps, sebenarnya tidak ada patokan kuota ideal dalam sebuah smartphone. Pasalnya, penggunaan dan kebutuhan internet dari masing-masing orang tentunya akan sangat berbeda. Namun, jika harus membatasi kuota, sebenarnya dengan menggunakan kuota sebesar 5GB-10GB dalam sebulan saja sudah cukup, asalkan digunakan secara benar sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, gunakan internet secara bertanggung jawab. Ingat ya, jika kuota internet murah kamu habis segera isi dari aplikasi jual pulsa android portalpulsa.



Diposting pada tanggal 2021-03-18 14:50:15. Dilihat sebanyak 49 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB