Logo portalpulsa.com SMS / WhatsApp: +6285727700650

Memilih Lampu Yang Tepat Untuk Ruangan Rumah Tapi Tetap Hemat Listrik

 


Memilih Lampu yang Tepat Untuk Ruangan Rumah Tapi Tetap Hemat Listrik


 


Setiap rumah memerlukan lampu. Rasanya, bahkan sudah menjadi kebutuhan umum banyak keluarga. Tidak sekadar menjadi alat penerangan, di tangan orang yang tepat lampu juga menjadi elemen penting untuk mendongkrak nilai estetis hunian sekaligus berdampak pada psikologis penghuninya. Bagaimana pun, penerangan yang baik dapat menciptakan suasana hangat yang pada saat yang sama berdampak pada kenyamanan dan peningkatan kenyamanan penghuninya.


Bagaimana memaksimalkan fungsi sebuah lampu dalam ruang rumah pada akhirnya bergantung pada banyak hal. Ini dapat berupa teknik pencahayaan, pemilihan bahan dan kualitas lampu, hingga penempatan/posisinya di dalam ruangan tersebut. Proses pemilihan lampu sendiri merupakan proses yang tidak dapat disepelekan. Lantas, bagaimana sih cara memilih lampu yang tepat tapin tetap bisa menghemat tagihan listrik?


1. Pilih warna cahaya lampu dengan tepat sesuai dengan tujuan

Setiap warna lampu, dapat menciptakan kesan dan nuansanya tersendiri. Nah, sebagai panduan, berikut adalah tiga warna lampu yang umum digunakan pada rumah-rumah Indonesia.


  1. Kuning. Gunakan pada pintu masuk, ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar mandi. Alasannya, sinar kuning mampu merangsang penghuninya untuk beraktivitas. Semakin kuat warna kuning, maka semakin atraktiflah mood berdasarkan sudut psikologi manusia.8
  2. Putih. Gunakan warna putih untuk menghadirkan kesan ceria pada ruang keluarga, ruang tamu, atau justru ruang kerja. Adapun harus diingat, cahaya putih yang terlalu terang berisiko menyilaukan mata. Nah, solusinya, cobalah untuk mengimbangi dengan lampu berwarna putih susu pada ruang.
  3. Putih kebiruan. Lampu berwarna putih kebiruan terbukti mampu membuat orang rileks dan cepat mengantuk. Karenanya, untuk kualitas tidur yang baik Anda dapat menggunakan jenis lampu tidur ini pada ruang keluarga atau justru ruang tidur.


Untuk lampu jenis LED memiliki berbagai varian warna. Tetapi, warna yang umum digunakan untuk hunian adalah warna putih dan kuning. Sedangkan warna lain biasa digunakan untuk dekorasi saja. Menentukan warna saat memilih lampu LED harus disesuaikan dengan manfaat ruangan tersebut. 


2. Perhatikan daya watt dan lumen lampu sesuai dengan kebutuhan

Sobat agen pulsa murah perlu mengetahui jika lampu LED sangat hemat dalam pemakaian daya watt. Karena daya watt akan sangat memengaruhi penggunaan listrik. Semakin rendah angka watt pada lampu LED maka akan semakin sedikit penggunaan listriknya. Sehingga, otomatis kita juga akan bisa semakin berhemat untuk bayar tagihan bulanan. Yang perlu diperhatikan saat memilih daya watt, perhatikan juga tingkat kecerahan lampu. Semakin tinggi watt lampu yang dipilih maka akan semakin tinggi tingkat kecerahannya.


3. Pilih lampu yang memiliki fitur untuk mengontrol kecerahan lampu

Beberapa lampu LED dilengkapi dengan fitur pengaturan untuk mengontrol tingkat kecerahan lampu yang biasa disebut dengan dimmer. Fitur dimmer ini akan membantu Mama untuk menyesuaikan kebutuhan cahaya saat menggunakan ruangan. Saat kebutuhan cahaya tidak terlalu tinggi maka akan dengan mudah disesuaikan tingkat kecerahannya. Sehingga kita akan lebih menghemat kebutuhan token listrik murah.


Jika saat membeli  lampu LED belum dilengkapi dengan fitur dimmer maka bisa dibeli secara terpisah. Namun, perlu dilihat apakah lampu LED yang dibeli dapat mendukung fitur dimmer atau tidak.


4. Perhatikan daya tahan lampu

Saat membeli lampu LED, perhatikan daya tahan penggunaannya. Terutama jika Anda membeli lampu LED downlight. Lampu LED jenis downlight ini harus ditanam di plafon. Akan sangat merepotkan jika lampu LED harus sering diganti karena daya tahan penggunaannya tidak lama.


5. Tentukan sudut pancaran sinar lampu dan lokasi peletakannya

Peletakan lokasi lampu LED akan sangat berpengaruh dengan kemampuan penerangan sebuah ruangan. Jika penempatan lampu tidak tepat, bisa jadi harus menggunakan lampu yang lebih banyak untuk dapat menerangi ruangan sesuai yang diinginkan. Apalagi, jika lampu LED yang digunakan memiliki pengaturan sudut pancaran sinar lampu. Pertimbangkanlah peletakkan lampu agar pencahayaan di ruangan bisa sesuai keinginan dan tetap bisa menghemat listrik.


6. Tentukan dengan tepat jumlah lampu yang dibutuhkan

Selain itu, penting untuk menentukan dengan tepat jumlah lampu yang dibutuhkan. Biasanya, lampu LED downlight akan membutuhkan beberapa lampu untuk menerangi ruangan. Perhitungan jumlah lampu LED yang tepat akan bisa memenuhi kebutuhan kecerahan ruangan dengan pertimbangan penggunaan listrik yang tepat.


7. Pilih merek terpercaya karena kualitasnya yang baik

Walaupun lampu LED memiliki banyak keunggulan, namun saat membelinya justru bukan dari merek yang berkualitas, bisa jadi justru membawa kesulitan. Jika lampu LED yang dibeli tidak baik kualitasnya bisa membuat korsleting listrik. Atau, yang awalnya memilih lampu LED untuk berhemat tapi malah justru boros karena kualitas lampu yang buruk. Mempertimbangkan segala aspek saat memilih lampu LED akan memengaruhi banyak hal. Mulai dari tingkat kecerahan, penggunaan listrik, hingga kemampuan daya tahan penggunaan lampu.


Dari semua tips diatas, pada intinya kita harus bisa memilih lampu yang tepat untuk ruangan rumah kita dan harus memperhatikan kualitas dari lampu itu sendiri, apakah bisa menghemat pemakain listrik atau tidak. Kita sekarang tidak bingung lagi dalam hal pembayaran tagihan listrik bulanan dan mengisi token listrik karena dengan adanya aplikasi jual pulsa android portalpulsa. Karena transaksi bisa kita lakukan sendiri walaupun dari rumah saja.


 
 

Diposting pada tanggal 2021-01-28 15:41:27. Dilihat sebanyak 112 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB