Rahasia Menaikkan Omset Penjualan Tanpa Iklan

Rahasia menaikkan Omset Penjualan Tanpa Iklan


 


Apa usaha Anda sekarang? Dan apa strategi pemasaran yang biasa Anda lakukan? Apakah omset penjualan Anda terus meningkat sejauh melakukannya? Pelajari bagaimana rahasia untuk mendongkrak omset penjualan usaha dengan cepat.
 
Pada prinsipnya, cara meningkatkan omset penjualan dengan strategi yang dahsyat ini, juga dapat di lakukan dalam usaha yang lain yg menjual atau pun mendistribusikan produk. Atau, apa pun bidang usaha yg Anda jalankan, asalkan itu masih berhubungan dengan kegiatan pemasaran atau penjualan, tetap dapat mengikuti pedoman dari teori dan cara praktik pemasaran yang di jelaskan di sini.
 
Pendeknya, tidak ada satu pun jenis atau bidang usaha yg tidak berhubungan dengan kegiatan pemasaran.Karena tanpa kegiatan pemasaran, usaha atau bisnis apapun tidak akan bertahan dan berjalan dengan lancar.
 
Bukankah dengan pemasaran, suatu usaha akan menghasilkan keuntungan? Dan bukankah keuntungan usaha berasal dari penjualan yang di lakukan?
 
Di sini juga Anda akan belajar tentang sebuah praktik pemasaran yang sangat jitu untuk meningkatkan omset penjualan seketika hanya dalam waktu yang super singkat tanpa iklan dan tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan dalam pemasaran. Efek melakukan teknik pemasaran ini, tidak membutuhkan waktu satu jam untuk meningkatkan peluang terjadinya lebih banyak penjualan. Untuk bisa menjawab semua pertanyaan diatas maka Anda perlu belajar dan menerapkan langkah-langkah berikut:
 

1. Menawarkan Bonus Untuk Pembelian Dalam Jumlah Tertentu Kepada Pelanggan Pada Saat Itu

Menawarkan bonus khusus kepada pelanggan dan khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu sampai hari ini masih banyak perusahaan atau pebisnis yang melakukan-nya. Dan cara ini bukan merupakan strategi penjualan terbaru dalam pemasaran. Karena cara ini sudah sangat seringkali di lakukan dalam bisnis, karena di rasa sangat efektif untuk mempengaruhi terjadinya banyak penjualan dan dalam volume yang besar. Dalam arti, bahwa dengan melakukannya, akan dapat mempengaruhi keinginan pelanggan agar mau membeli barang dalam jumlah yang lebih banyak.
 
Inilah alasan mengapa menawarkan bonus khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu harus di lakukan, karena pada dasarnya, sifat manusia cenderung menyukai sesuatu yang di tawarkan secara gratis. Sekalipun pelanggan tersebut adalah orang kaya, namun yang namanya juga dia manusia biasa yang memiliki sifat dasar yang cenderung menyukai yang gratis,  sudah pasti dia akan tergoda, terkecuali sang pelanggan yang di tawarkan bonus tersebut adalah merupakan seorang yang bersifat seperti malaikat yang tidak punya nafsu dan keinginan sedikit pun untuk menerima pemberian dari kita.
 
Perlu di ketahui di sini bahwa, penawaran bonus khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu dalam suatu kegiatan pemasaran, hanya tidak akan berhasil apabila pelanggan pada saat itu tidak memiliki uang yg cukup untuk melakukan pembelian barang dengan volume yang lebih besar. Karena bisa saja pelanggan yg bersangkutan pada saat itu sedang memiliki masalah dengan keterbatasan keuangan.
 
Kenyataan yang sering terjadi dalam kasus menawarkan bonus untuk pembelian dalam  jumlah tertentu ternyata sangat efektif meningkatkan omset penjualan. Ketika Anda mempraktikan teknik penjualan ini, maka peluang keberhasilannya mencapai sekitar 20% sampai dengan 30%. Dalam hal ini, sekitar 20 orang sampai 30 orang dari 100 pelanggan menerima penawaran tersebut dan bersedia melakukan pembelian dengan volume yg lebih besar. Atau di antara pelanggan yang menerima penawaran tersebut, terdapat sekitar 20% atau 30% yang melakukan pembelian yang akan dapat membantu untuk meningkatkan omset penjualan sampai 1000% pada saat itu.
 

Contoh praktik meningkatkan omzet penjualan dengan cepat

Dimana ada seorang ibu yang merupakan pelanggan setia yang sering membeli  pakaian. Nah, ketika Sang ibu tersebut hendak membeli baju kaos untuk anaknya yg masih berumur sekitar 10 tahun, dia hanya membutuhkan 2 potong saja, karena rencananya memang hanya membeli 2 potong saja. Tetapi setelah Anda melakukan teknik ini, dengan mengatakan, "Bu, kalau ibu membeli sebanyak 6 potong, maka ibu akan Saya berikan bonus 1 potong kaos untuk anak ibu," .Setelah berpikir sejenak, ibu tersebut pasti akan bisa menyetujui penawaran tersebut.

Coba Anda perhatikan contoh praktik pada kasus di atas, ada sekitar berapa persen peningkatan omset penjualan yg terjadi hanya dalam waktu kurang dari 1 jam. Begitu mudah dan simple bukan cara melakukannya? Dan itu pun tak tidak harus keluar biaya untuk melakukannya. Contoh-contoh praktik strategi pemasaran seperti itu banyak di lakukan oleh para pebisnis lain pada usaha mereka.


2. Menawarkan Produk Terkait Kepada Pelanggan Pada Saat Melakukan Pembelian

Cara ini juga terbukti efektif untuk meningkatkan omset penjualan dalam usaha, karena seringkali para pelanggan suatu bisnis terkadang lupa merencanakan untuk membeli barang terkait yg di butuhkannya.

Sebagai contoh ketika Anda melakukannya, di mana pada saat seorang pelanggan hendak membeli pakaian untuk anak bayinya yg masih berusia sekitar satu minggu. Ketika dia hendak membeli pakaian bayi tersebut, seketika itu juga coba tawarkan gendongan bayi kepadanya. Apa yang terjadi? kemungkinan sang pelanggan tersebut akan terkejut sambil mengatakan, "Oh iya, dengan gendongan bayi itu juga satu, karena Saya lupa merencanakannya dari rumah".

Coba Anda perhatikan, hanya dengan cara yg sederhana omset penjualan  dalam usaha akan meningkat lagi hanya dalam waktu kurang dari satu jam. Coba seandainya pada saat itu Anda tidak melakukannya, sudah tentu tidak ada peningkatan omset dari seorang pelanggan yg membeli pada saat itu.

Contoh lainnya, Banyak usaha restoran dan warung makan melakukan strategi ini, seperti halnya ketika kita hendak memesan makanan dengan menu tertentu, maka karyawan pada bagian pelayanan pelanggan, selalu menawarkan menu tambahan untuk setiap pelanggan.

Sebagai contoh, ketika Anda memesan makanan di sebuah warung makan langganan, maka pada saat yang sama seorang pelayan biasanya akan langsung berkata kepada Anda, "Minumannya pakai apa pak, Apakah pakai air biasa atau es jeruk atau pakai teh botol?".

Mengapa banyak usaha restoran dan rumah makan melakukan teknik ini? Karena mereka sudah tahu, di mana dengan teknik ini, akan ada sekitar 2 atau 3 orang dari 10 pelanggan yang menerima penawaran mereka, bahkan lebih dari 5 dari orang.

Cara seperti ini sering juga kita jumpai di usaha penjualan handphone atau konter yang menawarkan harga produk pulsa promo seperti telkomsel promo yang lebih murah dan paket data internet murah terbaru produk seperti di portalpulsa.com  Saat Anda akan membeli sebuah handphone baru. Selain casing headset atau powerbank.


3. Menawarkan Produk Yang Lebih Mahal Kepada Pelanggan Di Saat Pelanggan Membeli

Cara ini juga cukup ampuh dan jitu meningkatkan omset penjualan.Dalam hal ini,produk yg lebih mahal harganya tersebut adalah produk masih sejenis dan harus berkualitas lebih bagus atau yg memiliki banyak manfaat, Karena berkualitas lebih bagus dan memiliki banyak manfaat,tentu anda tak segan-segan lagi untuk menawarkannya kepada seorang pelanggan.

Apakah pelanggan yang bersangkutan akan mau mengambil atau memilih penawaran anda, tentu akan tergantung kualitas pelanggan itu, artinya pelanggan tersebut memiliki buget atau dana yang besar dan dananya pada saat itu mampu menjangkau harga produk yang anda tawarkan.

Sebagi contoh lagi, Ketika ada seorang pelanggan/konsumen membeli mobil dengan merek tertentu, biasanya para sales marketing menawarkan terlebih dulu mobil yang lebih mewah dan berharga mahal. Karena seringnya mereka menghasilkan lebih banyak omset dari penjualan mobil mewah dan berharga mahal, setelah mereka melakukan teknik ini.

Contoh lain pada usaha toko penjualan barang-barang elektronik, di mana para karyawan bagian sales pun telah di ajarkan untuk melakukan teknik penawaran ini. Misalnya, seorang konsumen/pelanggan hendak membeli TV merek sony 17 inc, tetapi sang sales malah lebih dulu menawarkan TV Sony yang berukuran 24 inc dan tv sony yang ke 2 tersebut memiliki lebih banyak kelebihan daripada tv sony yg pertama.


4. Menjual Dengan Harga Lebih Mahal

Menjual dengan harga lebih mahal di tengah persaingan bisnis yg ketat seperti terdengar konyol dan mustahil berhasil. Apa bisa ya? Apakah mungkin? Mana buktinya?

Untuk penjelasannya, ternyata menjual produk dengan harga lebih mahal juga terbukti mampu menarik minat para konsumennya, karena konsumen mengira produk yg dijual dengan harga mahal tersebut adalah merupakan produk yang lebih bagus atau berkualitas tinggi dari produk yang sama jenisnya di jual pesaing.

Jadi, Anda tak perlu takut mencoba memasang harga yang tinggi untuk produk Anda, karena alasannya sudah jelas di paparkan di atas, dan paling penting, Anda pun harus yakin bahwa produk yg di jual juga kualitasnya memang bagus dan sama dengan kualitas produk pesaing. Cara atau strategi penjualan yang satu ini, sangat cocok di terapkan di dalam bisnis pakaian jadi, dan produk-produk baru yg belum di kenal oleh masyarakat. Dan dengan menetapkan harga lebih, maka omset penjualan juga menjadi meningkat gara-gara untungnya sangat banyak. Coba hitung Perbandingan dengan menjual lebih murah atau dengan diskon besar.



5. Menarik pelanggan dengan pelayanan memuaskan

Memberikan pelayanan yang memuaskan juga terbukti sangat efektif untuk menarik pelanggan dan lebih banyak lagi pelanggan, sehingga dengan otomatis pula omset penjualan menjadi meningkat.

Contoh praktik, jika seorang konsumen melakukan pembelian pertama, maka usahakan untuk memberikan pelayanan istimewa kepadanya, misalnya dengan pelayanan paling cepat, berdialog seperti layaknya sahabat dengan pelanggan. Nah, hal ini dapat membuat pelanggan tersebut merasakan kesan istimewa di dalam usaha anda, dan pada akhirnya mereka nanti akan terus mengingat kesan tersebut sehingga mereka akan kembali untuk membeli lagi di usaha bisnis anda.

Intinya di sini adalah fokus menjaga kepuasan pelanggan. Fokus menjaga kepuasan pelanggan adalah sebuah cara ampuh yang efektif dan jitu untuk meningkatkan omset penjualan. Karena di dalam bisnis, pelanggan bisa di ibaratkan sebagai raja atau pihak yang harus di  puaskan atau di penuhi kebutuhannya dengan produk dan layanan yang terbaik.

Untuk menjaga kepuasan pelanggan, tentu kita harus memulainya dengan berfokus kepada menjaga kualitas produk dan layanan kita. Pelanggan yang menggunakan produk dan layanan kita, tentu akan semakin loyal dan setia untuk selalu membeli apa saja yang kita jual, selagi itu membuat mereka senang dan bahagia.

"Daripada harus repot-repot atau bersusah-susah menjalankan program pemasaran lewat iklan berbayar untuk mencari pelanggan baru, menjaga dan perhatikan kepuasan konsumen yang telah menjadi pelanggan adalah suatu cara yang paling mudah untuk meningkatkan omset penjualan.Karena pelanggan2 yang puas akan melakukan promosi dari mulut ke mulut untuk mendatangkan pelanggan-pelanggan baru bagi usaha kita".

Bagaimana menjaga kepuasan pelanggan melalui layanan?
Berikut ini adalah contoh-contoh strategi pemasaran yang berorientasi untuk menjaga kepuasan pelanggan dengan layanan yang baik antara lain:


  1. Memberikan pelayanan yang cepat, karena setiap pelanggan sangat menghargai waktu mereka.
  2. Memberikan layanan terbaik di saat konsumen melakukan komplain.
  3. Memberikan garansi jika tidak puas, barang dapat di tukar atau di kembalikan


Ketiga contoh, menjaga kepuasan pelanggan tersebut, terbukti sangat efektif digunakan untuk mendongkrak omset dan volume penjualan. Karena para pelanggan merasa sangat di perhatikan dan juga di untungkan. Terkadang kita tidak menyadari bahwa salah satu faktor yang menyebabkan penurunan omset penjualan bisnis kita adalah karena tidak kurangnya kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan untuk selalu meningkatkan kualitas produk atau layanan kita.

Selanjutnya, kita harus membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan.

Membangun hubungan dan komunikasi dengan pembeli dan pelanggan juga merupakan strategi pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Karena adanya hubungan dan komunikasi yang baik di antara kedua belah pihak, Anda dan para pembeli atau pelanggan, maka mereka merasa nyaman dan selalu mengingat untuk membeli dari kita.

Strategi ini terbukti sangat efektif di dalam dunia pemasaran bisnis retail atau ritel, baik ofline dan online. Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan mereka yang menjadi pembeli atau pelanggan usaha kita, antara lain adalah sebagai berikut;


  1. Mengenal setiap pembeli dan pelanggan secara dekat. Dalam arti, mengenal nama mereka, nama anak mereka, atau nama pasangan mereka, atau mengenal pula lingkungan pekerjaan dan alamat rumah mereka.
  2. Selalu menyapa pelanggan dengan sopan dan dengan menyebut nama mereka atau status mereka. Misalnya, memanggil mereka dengan sebutan Bapak/Ibu beserta namanya, menyapa mereka dengan status misalnya, dengan sebutan Pak Haji/BU haji, Pak Kades, Pak Lurah, atau Pak Camat dsb.
  3. Mengirimkan kartu ucapan kepada pelanggan pada saat ulang tahunnya atau ulang tahun anaknya.


Strategi membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan cocok dan sangat baik di jalankan dalam apapun bidang bisnisnya, apakah usaha itu berupa pemasaran produk fashion-pakaian, baju, sepatu, atau minuman, makanan, mainan, kecantikan, kesehatan, atau Anda membuka usaha cafe, rumah makan, kios, toko kelontong, toko agen, atau bisnis pendidikan, usaha sembako, industri kerajinan, atau bisnis apa saja, jangan lalaikan untuk menjalankan strategi pemasaran yang satu ini.
 
Dari uraian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, Anda bisa menambah omset usaha Anda, tanpa menaikkan biaya iklan/promosi, dengan cara menambah produk baru yang Anda jual dan informasikan ke customer/prospek Anda. Anda juga seharusnya mulai membangun sistem toko online yang canggih sehingga proses menambah produk dan menampilkan di homepage toko online bisa dilakukan dengan cepat, bahkan otomatis. 
 
 

Diposting pada tanggal 2020-11-23 15:09:33. Dilihat sebanyak 369 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB