Tips Aman Lindungi Dompet Digital Dari Kejahatan Siber

 


 


Tips Aman Lindungi Dompet Digital dari Kejahatan Siber


 


Salah satu teknologi yang berhasil mencuri hati banyak orang di Tanah Air tentunya adalah platform dompet digital (e-wallet). Selain kemudahan transaksi yang ditawarkan, dompet digital juga menawarkan berbagai macam promosi berupa diskon, cashback, atau penawaran menarik lainnya kepada para penggunanya. Bahkan, saat ini tak sedikit yang akhirnya menaruh dana dalam jumlah besar di platform tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Lantas, apakah dompet digital aman digunakan untuk bermacam transaksi atau menyimpan uang layaknya rekening bank? Menurut pakar keamanan siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya menyebut sejatinya sistem keamanan yang digunakan oleh platform dompet digital masih belum bisa menyaingi sistem keamanan transaksi digital perbankan. Pasalnya, akun dompet digital yang ada saat ini dapat dengan mudah diakses menggunakan perangkat berbeda dengan nomor ponsel yang berbeda pula.

Oleh karena itu pengguna dompet digital agar secara rutin memeriksa saldo yang tersimpan setelah top up saldo murah e-wallet dan memperhatikan betul riwayat transaksi. Kemudian yang tak kalah penting adalah mengaktifkan otentifikasi dua faktor untuk mengamankan akun dari pembobolan atau pengambilalihan orang yang tak bertanggung jawab. Dirperlukan beberapa sikap kehati-hatian dalam penggunaan dompet digital.


1. Teliti Saat Melihat Tautan

Saat pengguna mengunjungi sebuah halaman web yang mengharuskan memasukkan data rahasia, cermati dan teliti terlebih dahulu apakah halaman yang ditampilkan sesuai dengan halaman yang ingin diakses.


Jika URL terdiri dari pilihan acak huruf dan angka, atau terlihat mencurigakan, jangan sekali-sekali memasukkan informasi apapun. Web yang benar juga adalah yang diawali dengan https dan terdapat gambar gembok di sebelah kirinya.


2. Waspada Terhadap Komunikasi Palsu

Cara selanjutnya adalah tetap waspada terhadap bentuk komunikasi apapun yang mencurigakan, baik via telepon, pesan singkat, maupun email. Sebab, sebagian besar organisasi keuangan tak akan pernah meminta data pribadi pelanggannya.


3. Gunakan Koneksi Internet Pribadi

Cobalah untuk menghindari penggunaan komputer umum ketika perlu untuk mengakses layanan perbankan online. Komputer publik tersebut mungkin saja menyimpan berbagai program spyware yang sedang dijalankan. Ada baiknya Anda memanfaatkan pulsa murah untuk mendapatkan layanan internet dengan paket data murah di smartphone yang juda bisa untuk diakses di laptop pribadi.


4. Tingkatkan Keamanan Dompet Digital

Agar lebih aman lagi, periksalah dompet digital favorit yang Anda gunakan. Apakah pengembang sudah memberikan beberapa fitur keamanan seperti two factor authentication hingga keamanan lainnya yang mampu menjaga saldo di dalam dompet digital.


Jangan lupa juga untuk tidak memberikan nomor OTP dan juga PIN transaksi kepada orang lain atau yang tak dikenal demi keamanan dan kenyamanan transaksi seperti untuk agen distributor pulsa murah. Pakai juga dompet digital yang sekiranya bisa memberikan rasa aman kepada penggunanya dalam setiap transaksi pusa murah yang dilakukan.



Diposting pada tanggal 2022-05-10 14:03:50. Dilihat sebanyak 385 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB