Tips Jualan Di Pinggir Jalan Agar Ramai Pembeli

 


Tips Jualan di Pinggir Jalan Agar Ramai Pembeli


 


Usaha merupakan salah satu cara banyak masyarakat dalam mengelola keuangan dan mendapatkan pendapatan tambahan. Untuk itu, banyak yang menyarankan untuk usaha seperti berjualan. Pilihlah usaha pinggir jalan dengan tepat agar bisa menghasilkan untung besar dengan modal kecil. Ada banyak jenis usaha yang bisa dipilih.


Dengan modal yang sedikit sekarang ini, Anda sudah bisa memulai berjualan, meskipun harus di tempat seperti pinggir jalan, bukan di tempat kafe besar atau toko besar. Lalu, bagaimana tipsnya agar bisa laku usaha di pinggir jalan?


Berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memulai usaha berjualan


1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Secara umum, sebanyak 80% usaha pinggir jalan bisa menjadi sukses karena lokasinya strategis. Sebelum menetapkan pilihan pada lokasi yang sudah disurvei, perhatikan hal-hal penting berikut ini:


  • Mudah dilihat oleh orang-orang yang melintas.
  • Aksesnya lebih mudah disertai tempat parkir yang tidak memakan jalan.
  • Perizinan yang kooperatif dengan pihak pemilik maupun tetangga di sekitar.
  • Lokasi banyak dilewati oleh masyarakat, tetapi dengan persaingan bisnis kuliner pinggir jalan yang sedikit. Contohnya, lalu lintas yang tidak ada tempat makan sepanjang 10 kilometer jalan.
  • Tentukan wilayah berjualan yang memang sesuai dengan target konsumen kamu. Selain bermanfaat untuk menepatkan sasaran pelanggan, hal ini dapat membantu mendukung perancangan desainnya.
  • Hindari pembangunan usaha kuliner pinggir jalan di dekat pembuangan limbah atau sampah.

2. Jangan Hanya Menjual Satu Menu

Terkadang, kamu menemukan bahwa kuliner pinggir jalan juga mengutamakan pemasaran satu produk terbaiknya. Namun, sebaiknya hal ini dipikirkan kembali karena selera makanan konsumen juga berbeda-beda. Apalagi, orang-orang tentu suka dengan pilihan variatif ketika sedang perjalanan ke luar kota. Sebagai contoh jika kamu buka konter tentu orang tidak hanya mencari pulsa saja akan teteapi juga ada yang pengin beli kuota internet murah bahkan juga ingin bayar tagihan listrik bulanan.


Apabila kamu berani berinovasi dan tidak hanya menyediakan satu menu, otomatis calon pengunjung akan tertarik untuk mencoba makanan sekaligus minuman yang ditawarkan. Di samping itu, kuliner pinggir jalan yang terkenal sudah pasti akan meningkatkan jumlah menu dan kualitasnya.


3. Menentukan Harga Jual Menu

Harga produk merupakan satu dari tips usaha pinggir jalan agar ramai yang harus dipertimbangkan dengan matang. Perlu kamu tahu bahwa usaha yang sukses tidak semata-mata punya harga murah, tetapi pas dan sebanding dengan produk yang ditawarkan. Upayakan faktor-faktor berikut:


  • Ketahui kondisi pelanggan yang menjadi sasaran kuliner.
  • Lihat pula harga yang diberikan competitor.
  • Jangan lupa perhitungkan dan sesuaikan dengan biaya produksi.
  • Tentukan keuntungan yang kamu ambil melalui rumus: harga = modal + (persen keuntungan x modal).

4. Jagalah Kualitas Barang Dagangan Kuliner

Di balik harga murah yang menarik perhatian, sadari juga bahwa pelanggan ikut mengutamakan kualitas ketika memutuskan menjadi customer setia. Berikut langkah-langkah yang bisa diikuti untuk menjaga kualitas kuliner kamu:


  • Pilih bahan-bahan utama yang berkualitas baik. kamu perlu pintar-pintar memperoleh bahan baku terjangkau, tetapi tetap bagus.
  • Utamakan prinsip higienis ketika mengolah dan menyajikan makanan.
  • Manfaatkan rempah dalam menambah kualitas rasa.
  • Menu dapat didaftarkan ke departemen kesehatan untuk menjamin kelayakannya.

5. Utamakan Cita Rasa

Kembali lagi, pelanggan akan menikmati makanannya apabila kamu menyajikan yang lezat dan sedap.


Cita rasa adalah kunci utama yang mampu membuat pelanggan puas dan menjadi pelanggan yang setia. Umumnya, cita rasa disandingkan dengan kebersihan dari tempat makan kamu.


6. Lakukan Promosi

Promosi adalah hal paling penting untuk mengenalkan jualan kamu ke orang-orang. Jika usaha pinggir jalan baru saja buka dan kamu tergolong masih pemula, lakukan beberapa tips berikut:


  • Gunakan strategi diskon dan promo.
  • Pasang iklan di media sosial, sesuaikan dengan budget dan hal-hal yang harus diperhatikan.
  • Menarik pelanggan dengan diskon atau penawaran spesial di hari besar.
  • Menjadi sponsor event bila kuliner pinggir jalan kamu sudah punya nama cukup besar.
  • Giveaway untuk pelanggan, misalnya makan gratis dengan syarat tertentu.
  • Bergabung dengan komunitas pebisnis kuliner pinggir jalan untuk menambah wawasan dan informasi.

7. Berikan Pelayanan Yang Baik

Bagaimana kamu ingin melayani pelanggan yang tiba? Secara mandiri atau menggunakan jasa karyawan? Pastikan keduanya tetap mengupayakan pelayanan terbaik yang mampu memuaskan pelangganmu. Tata krama dan kesopanan dalam menyambut pelanggan adalah impresi penting yang harus diperhatikan.


Pelayanan yang baik ternyata terbukti mampu menjadikan konsumen sebagai pelanggan setia. Pastikan kamu mampu memberikan keramahan dan wajah yang cerah, agar pelanggan merasa nyaman saat berkomunikasi.


8. Kerjasama Dengan Beberapa Pihak

Sama dengan model usaha atau bisnis lainnya, ternyata kamu juga perlu mementingkan kerjasama dengan beberapa pihak eksternal. Beberapa contoh yang berhubungan dengan pihak pelanggan adalah kerjasama dengan perusahaan bus agar menjadwalkan kunjungan ke tempat kamu selama perjalanan.


Begitu juga dengan sesama pihak pebisnis, misalnya dalam hal penyediaan bahan baku bagi kuliner kamu. Bangun kerjasama menguntungkan dengan pihak yang mampu menjadi pemasok dan berkomitmen menjaga kualitas produk bahan dengan baik.


9. Melengkapi Fasilitas

Tips usaha pinggir jalan agar ramai pembeli berikutnya adalah dengan melengkapi fasilitas tempat usaha. Contoh yang bisa kamu pertimbangkan jika sudah punya cukup biaya untuk upgrade fasilitas lokasi adalah mushola serta kamar mandi. Bahkan sekarang keperluan untuk keperluan pulsa murah dan layanan penggunaan data internet murah gratis melalui wifi gratis juga perlu di sediakan.


Hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar pelanggan. Apalagi, jika di tengah jalan mereka tidak ingin melewatkan waktu ibadah atau malah mencari tempat untuk beristirahat yang memiliki fasilitas buang air.


10. Jangan Takut Melakukan Upgrade Dan Inovasi

Telah disebutkan sebelumnya bahwa aspek produk sampai fasilitas mampu memperoleh tindak inovasi menjadi lebih bagus maupun beragam. Dalam hal ini, kamu juga bisa meningkatkan inovasi layanan bagi pelanggan. Contohnya adalah menyediakan jasa pesan antar secara gratis melalui berkembangnya layanan  saldo ewallet murah. Jika ada pemesanan dalam jumlah tertentu.


Kuliner pinggir jalan tetap mampu memberikan ciri khas dan keunikannya masing-masing agar disukai masyarakat. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi usaha tentang hal-hal yang sekiranya perlu diperbaiki, agar tidak memicu perspektif kurang baik dari orang sekitar.



Diposting pada tanggal 2021-10-12 15:31:08. Dilihat sebanyak 198 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB