4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Kredit Motor

tips kredit motor



Apakah kalian siap untuk melaju di jalan dengan sepeda motor baru milik kalian sendiri? Sebelum kalian mulai mengajukan kredit motor untuk memperoleh sepeda motor impian kalian, penting bagi kalian untuk mempertimbangkan kondisi finansial kalian secara keseluruhan dan apa yang ditawarkan dealer.


Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan kredit motor:

Cicilan jangka panjang bisa membawa masalah

Harga motor biasanya akan menurun secara signifikan begitu mereka dipakai dalam waktu lama, bahkan harganya menurun lebih cepat dibandingkan harga mobil. Mengambil cicilan kredit motor dalam jangka panjang memang bisa meringankan beban keuangan kita, tapi pada akhirnya hal ini bisa merugikan kita. Karena ini berarti kita membayar motor dengan harga yang lebih besar dari nilai jualnya.

Jika kalian memiliki kemampuan untuk membayar uang muka dalam jumlah besar atau memilih cicilan yang lebih pendek jangka waktunya, pilihlah dua pilihan ini. Dua pilihan ini akan memberikan pilihan yang lebih baik dalam jangka panjang.

Bersiaplah untuk bunga yang tinggi

Biasanya bunga yang dikenakan dalam cicilan tergantung dari jangka waktu cicilan. Semakin lama jangka waktu pembayaran cicilan, bunga semakin tinggi. Alasannya dealer biasanya berjaga-jaga terhadap kemungkinan kerugian. Jika kalian mengambil cicilan dalam jangka waktu yang panjang, ada kemungkinan jika kalian mengalami kesulitan keuangan. Atau memakai uang untuk hal-hal lain seperti tagihan sehari-hari, cicilan rumah kontrakan dan lain-lain. Jika hal itu terjadi dan kalian tidak bisa membayar tagihan motor, bunga yang tinggi bisa menutupi kerugian dealer.

Lakukan perbandingan tawaran

Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit pada sebuah dealer motor, lebih baik kalian melakukan perbandingan tawaran kredit dari berbagai dealer di wilayah kalian. Berapa bunga yang mereka tawarkan, berapa besarnya uang muka, dan apakah ada fasilitas lain yang ditawarkan.

Siapa tahu kalian bisa menemukan dealer yang menawarkan motor dengan harga yang lebih murah, uang muka lebih kecil dan bunga yang lebih rendah.

Kondisi keuangan patut dipertimbangkan

Salah satu alat negosiasi terkuat saat mengajukan kredit motor adalah kondisi keuangan dan catatan finansial kalian. Jika kalian pernah memiliki reputasi buruk misalnya tidak bisa membayar tagihan cicilan motor sebelumnya, tentunya hal ini berpengaruh pada kepercayaan dealer motor. Besarnya penghasilan juga mempengaruhi keputusan dealer motor untuk menyetujui pengajuan kalian.

Portal Pulsa menyediakan layanan pembayaran PPOB untuk transaksi PDAM, token PLN, dan tagihan listrik.



Diposting pada tanggal 2016-12-09 06:25:12. Dilihat sebanyak 528 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: