Tips Memilih MicroSD Untuk Smartphone Android

 


tips memilih micro sd


Pengguna Android dan iPhone seringkali berdebat soal keunggulan smartphone yang mereka gunakan. Salah satu keunggulan yang sering dibanggakan pengguna Android adalah kemampuan perangkat Android untuk memperbesar kapasitas penyimpanan dengan kartu microSD. Ada beberapa kartu microSD yang ada di pasaran, dan walaupun terlihat sama, tapi performa mereka tidaklah sama. Apakah kalian perlu kartu SDHC atau SDXC? Apakah ada perbedaan antara kartu Class 6 atau Class 10? Jangan kuatir kali ini, Portal Pulsa akan membahasnya.

Kapasitas

Fitur ini adalah fitur paling utama dari sebuah kartu microSD. Pertama, SD merupakan singkatan dari “secure digital”. Kartu microSD tersedia dalam jenis SDHC dan SDXC. SDHC singkatan dari secure digital high capacity dan SDXC singkatan dari secure digital extended capacity. Kartu microSD SDHC memiliki kapasitas antara 4GB hingga 32GB. Sementara kartu SDXC memiliki kapasitas antara 32GB hingga 2TB.

Kartu yang kalian pilih tergantung dari berapa banyak kapasitas penyimpanan yang kalian perlukan. Kalian mungkin perlu kartu microSD berkapasitas besar jika kalian ingin menyimpan banyak foto, musik, film dan lain-lain. Tentunya harga kartu ini tergantung dari besarnya kapasitas. Selain itu pastikan perangkat Android yang kalian gunakan bisa mendukung kartu itu. Pada umumnya, perangkat Android berharga murah hanya mendukung kartu SDHC, jadi batasan kapasitas maksimal sebesar 32GB.

Akhirnya kapasitas kartu juga mempengaruhi kualitas dari file digital yang disimpan di dalamnya. Intinya, perbedaan di antara kartu ini dimulai dan diakhiri dengan kapasitas penyimpanan yang dimilikinya.

Kelas

Masing-masing kartu SD memiliki kecepatan membaca/menulis yang berbeda sehingga mempengaruhi kinerja mereka. Pabrikan kartu SD menggunakan istilah speed class untuk mengukur kecepatan baca/tulis kartu. Kartu memiliki empat kelas: 2,4,6 dan 10. Jumlah angka ini berkaitan dengan kecepatan transmisi minimum kartu itu. Jika kartu memiliki kelas 2, kecepatan transmisi minimum adalah 2 MB/s, class 4 kecepatan 4 MB/s, class 6 kecepatan 6 MB/s dan seterusnya. Speed class ini biasanya dicantumkan pada label kartu dengan angka 2,4,6, 10 di dalam huruf “C”.

Selain klas kecepatan biasa, ada juga dua kelas Ultra High Speed (UHS). Kartu UHS biasanya lebih mahal dan digunakan untuk perangkat yang mendukung UHS. Klasifikasi UHS antara kelas 1 atau 3. Angka 1 memiliki kecepatan minimum 10 MB/s dan 3 kecepatan minimum 30MB/s. Untuk saat ini hanya sedikit perangkat Android yang mendukung kartu microSD UHS.

Kesimpulan

Kartu microSD terbaik untuk Anda tergantung dari bagaimana kalian menggunakan smartphone kalian. Jika kalian hanya ingin menyimpan file musik, mungkin kalian tidak perlu kartu tercepat di dunia. Akan tetapi jika kalian memotret foto dalam format RAW atau merekam video resolusi 4K, kalian perlu kartu dengan kinerja yang lebih baik.



Diposting pada tanggal 2017-01-18 21:19:31. Dilihat sebanyak 373 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya: