Yuk Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Belanja Online Murah

 


Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online


 


Era sekarang berbelanja secara online sangat diminati banyak masyarakat. Karena sudah terbukti dari segi harga lebih murah Apalagi dengan adanya promo hingga 70% pada setiap tanggal-tanggal tertentu juga adanya free ongkir yang membuat banyak orang tak ragu untuk berbelanja onlineTetapi, tahukah Anda bahwa ada kelebihan dan kekurangan belanja online?


Ya, belanja online memang memiliki sejumlah kelebihan namun juga kekurangan. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini ya.


Kelebihan Belanja Online

1. Banyak pilihan platform

Dengan online shopping kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan toko online. Sekarang di sosial media kita sudah banyak menemukan penjual mulai dari instagram, facebook, bahkan twitter. Tidak hanya itu, saat ini banyak muncul e-commerce seperti zalora, shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, dan lainnya. Bahkan, beberapa e-commerce menawarkan paylater. Ini sama dengan keadaan saat ini, saat kita sekarang sudah dipermudah untuk transaksi pulsa yang bisa dilakukan secara online. 


2. Kapan dan dimana saja 

Seperti jika Anda menjadi agen pulsa murah yang bisa mengisi pulsa sendiri kapan saja, maka juga dengan belanja online dapat dilakukan kapan saja karena toko online tidak akan tutup. Sobat Pintar tetap dapat melihat, memilih, dan memesan produk jam berapa saja tidak ada batas waktu. Namun tentu saja tiap toko biasanya menerapkan jam operasional. Berbasis online, tentu saja Sobat Pintar dapat melakukan pembelian dimana saja melalui smartphone.


3. Keuntungan  

Hal yang menyenangkan online shopping adalah dimana biasanya toko atau e-commerce banyak menawarkan promosi. Seperti diskon, gratis ongkir, dan voucher sehingga membuat harganya dapat menjadi lebih murah dibandingkan dengan toko fisik.


4. Pembayaran lebih mudah

Banyak pilihan metode pembayaran yang dapat Anda lakukan seperti transfer bank, bayar lewat minimarket, kartu kredit dan lainnya. Seperi transfer pulsa yang mudah, sistem pembayaran belanja online ini menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli atau calon konsumen. 


 


Kekurangan Belanja Online

1. Rawan Penipuan

Apabila Anda tidak terlalu jeli dan lalai maka, online shopping dapat menjadi sebuah kerugian. Oleh karena itu harus benar mengecek toko online baik di sosial media atau pun e-commerce. Cek testimoni pembeli lain, berapa banyak followers yang dimiliki, serta gambar produk toko tersebut.


2. Barang Tidak Sesuai

Barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi sangat mungkin terjadi jika Anda mulai berbelanja online. Karena, produk yang ada di gambar dan produk yang datang ke rumah memang memiliki perbedaan. Dari sana, Anda bisa melihat kondisi barang yang sebenarnya seperti apa. Jadi, jangan hanya terfokus pada gambar saja.


3. Cenderung Lebih Konsumtif

Berbelanja online memberi keleluasaan tersendiri bagi Anda sebagai penggunanya. Anda bisa bebas membeli apapun dengan cepat dan banyaknya pilihan produk yang bervariasi. Namun hal ini bisa menimbulkan sifat yang konsumtif.


Sifat konsumtif ini merupakan sifat yang selalu ingin membeli barang yang tidak diperlukan, melainkan hanya sebatas keinginan saja. Tetap kontrol keuangan Anda dengan hanya membelanjakan sesuatu yang memang dibutuhkan. Sesekali boleh membeli barang yang diinginkan, tetapi tetap dikontrol dengan baik.


4. Mengganggu Keuangan

Karena sifat konsumtif yang sudah dijelaskan tadi, maka belanja online yang berlebihan dan di luar batas bisa mengganggu manajemen keuangan Anda. Anda diberi berbagai macam kemudahan dan promo menarik, sampai-sampai lupa dengan manajemen keuangan Anda.


Jangan sampai hal ini terjadi, sebaiknya Anda tetap gunakan uang Anda untuk mencapai financial goals. Perbanyak menabung dan berinvestasi dan kurangi belanja untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, atau hal-hal yang tidak perlu.


Berbeda halnya dengan  ketika Anda menggunakan uang Anda untuk membeli buku atau mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan skill. Tentu hal tersebut lebih bermanfaat untuk kehidupan Anda.


5. Pengiriman yang Lama

Kekurangan dari belanja online lainnya adalah kemungkinan adanya pengiriman yang lama dari pihak ekspedisi. Biasanya di suatu e-commerce terdapat estimasi barang sampai dan status pengirimannya. Kebanyakan ekspedisi memberikan estimasi barang sampai mulai dari 2 hingga 3 hari.


Hal ini membuat Anda harus menunggu pada waktu tersebut agar barang yang dibeli sampai di tangan Anda. Berbeda halnya ketika belanja langsung ke toko swalayan, Anda bisa langsung mendapatkan barang yang Anda beli tanpa harus menunggu lama.


Belanja online juga kurang disarankan jika Anda sedang membutuhkan barang atau sesuatu yang mendesak hari itu juga harus ada. Karena jika belanja online, penjual harus memilihkan produk, mengemas produk, dan mengirimkannya pada ekspedisi terlebih dahulu.


Itulah kelebihan dan kekurangan belanja online yang harus diketahui. Kini Anda sudah memahami apa saja kelebihan dan kekurangannya ketika melakukan pembelian barang secara online. Apabila ingin belanja online namun deposit saldo e-wallet sedang tidak mendukung, sekarang ini ada aplikasi yang telah menyediakan saldo e-wallet lengkap dan murah. Keuntungan lainnya adalah transaksi top up saldo yang cepat dan mudah dengan satu aplikasi android portalpulsa.



Diposting pada tanggal 2022-05-17 15:11:53. Dilihat sebanyak 136 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB