Transaksi Jadi Lebih Mudah Dengan E-Wallet

 


Transaksi Jadi Lebih Mudah dengan E-Wallet


 


E-Wallet atau dompet digital menjadi sangat digemari dengan kemudahan yang ditawarkan. Hal ini semakin menggerus penggunaan transaksi tunai di pasaran. Apalagi masyarakat zaman sekarang yang sudah melek teknologi semakin mendukung perkembangan dompet digital ini.


Dompet digital atau e-wallet adalah sebuah perangkat elektronik, layanan jasa, atau bahkan program perangkat lunak (aplikasi) yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi secara online dengan pengguna lainnya untuk membeli barang dan jasa.


Uang atau saldo bisa  diisi atau topup saldo murah yang ada di dalam e-wallet adalah uang yang sebelumnya memang sudah disimpan dalam dompet digital tersebut. Dalam kasus yang lain, untuk top up e-wallet juga bisa dilakukan dengan cara menautkan rekening bank ke akun dompet digitalnya. Juga topup bisa lewat aplikasi jual pulsa murah android portalpulsa.


Berikut adalah kemudahan-kemudahan menggunakan e-wallet

1. Praktis dan Efisien

Kemudahan dalam melakukan transaksi menjadi kelebihan paling utama dari penggunaan dompet digital ini. Tentunya di zaman sekarang ini hampir semua orang dari tua sampai muda memiliki smartphone. Sekarang rasanya hanya dengan menggunakan smartphone saja, kamu sudah bisa bertransaksi, jadi tidak perlu lagi membawa dompet tebal untuk bertransaksi.


Sekarang aplikasi dompet digital sudah memasuki seluruh lini kehidupan masyarakat. Kamu bisa membayar berbagai keperluan seperti bayar ppob bulanan seperti tagihan listrik, air, internet dan lain lain. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dan lebih praktis dan efisien daripada harus menggunakan uang tunai.


2. Lebih Aman

Bertransaksi menggunakan aplikasi dompet digital juga lebih aman daripada Anda membawa banyak uang tunai di dompet atau tas. Anda tidak perlu takut lagi dengan adanya pencuri uang bila Anda sudah menggunakan dompet digital. Berbagai fitur keamanan disediakan oleh penyedia aplikasi dompet digital ini. Semua data yang digunakan dalam membuat akun Anda juga harus diverifikasi terlebih dahulu agar sesuai dengan data dari Dukcapil dan sudah sejalan dengan regulasi dari Bank Indonesia.


Apalagi untuk mengaksesnya, diperlukan verifikasi nomor PIN atau bahkan sidik jari tangan. Bila smartphone Anda hilang, Anda bisa langsung memblokir dompet digitial atau mengunduh lagi aplikasinya di smartphone lain untuk log out pada smartphone yang hilang tersebut. Jadi dengan berbagai fitur dan kemudahan, membuat penggunaan dompet digital lebih aman.


3. Banyak Diskon dan Promo

Salah satu yang menarik minat orang-orang untuk menggunakan aplikasi dompet digital adalah adanya penawaran promo dan diskon yang begitu banyak. Dengan memanfaatkan promo dan diskon yang disediakan oleh aplikasi-aplikasi ini, kamu bisa menghemat anggaran belanja. Anda bisa membeli makanan dan minuman, tiket bioskop, serta transaksi lainnya dengan mendapatkan potongan diskon dan promo dari aplikasi ini. Karena banyak juga toko-toko yang menawarkan promo atau diskon hanya bila konsumennya bertransaksi dengan dompet digital. Namun bila bertransaksi dengan tunai secara langsung malah tidak ada diskon.


4. Membayar Dengan Nominal yang Seharusnya

Bila melakukan transaksi secara tunai, mungkin kamu pernah mengalami uang kembalian harus terpotong, harga dibulatkan ke nominal terdekat, atau bahkan diberi permen untuk kembalian tersebut. Hal ini disebabkan karena terbatasnya nominal dari uang tunai, yang menyebabkan susahnya transaksi. Dengan dompet digital, Anda bisa menghindari hal hal seperti ini. Anda bahkan bisa memasukkan nominal harga hingga satuannya. Jadi Anda tidak harus selalu menyediakan uang receh setiap mau belanja dan tidak perlu mendapatkan permen sebagai kembalian lagi.


5. Dapat Digunakan Untuk Berbagai Transaksi Dimana Saja

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kamu bisa menggunakan dompet digital ini bahkan untuk membayar tagihan listrik dan air. Jadi kamu tidak harus pergi ke kantor pembayaran listrik dan air lagi. Cukup menggunakan smartphone dari rumah di aplikasi jual pulsa. Belanja online, beli tiket bioskop, pesan makanan dapat Anda lakukan hanya dengan memilih dari smartphone Anda. Hanya dengan 1 aplikasi, semua kebutuhan transaksi Anda bisa terlaksanakan.


Perkembangan teknologi turut mempengaruhi banyak aktivitas manusia, jika dahulu orang biasa melakukan barter, seiring berjalannya waktu hal tersebut mulai digantikan dengan uang. Namun uang juga melalui banyak perubahan, salah satunya adalah uang elektronik yang memungkinkan penggunanya bisa membawa uang dengan sangat mudah.


Karena didalamnya terdapat uang elektronik, tentu saja setiap akun juga dilengkapi dengan data identitas yang lengkap terkait pemilik akun. Selanjutnya, keberadaan aplikasi dompet digital memiliki fungsi yang sangat beragam, tidak hanya untuk alat pembayaran saja, namun juga bisa digunakan sebagai alat untuk memverifikasi  terhadap suatu aktivitas jual beli. Misalnya untuk memverifikasi usia pembeli saat hendak membeli produk seperti alkohol.


Selain itu, istilah ini juga erat kaitannya dengan cashless society atau masyarakat nirtunai


Aplikasi dompet digital terpopuler di Indonesia

Untuk Anda yang saat ini ingin mencoba menggunakan dompet digital, atau bahkan belum paham dengan dompet digital. Berikut kami rangkum contoh dompet digital yang paling populer dan dengan pengguna terbanyak di Indonesia


1. Go Pay

Seperti yang kita tahu, Gopay adalah sebuah dompet digital yang ada dalam aplikasi Gojek yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran layanan dalam aplikasi Gojek. Tak heran jika aplikasi ini dianugrahi sebagai e-wallet paling populer, hal ini senada dengan apa yang diterbitkan oleh Gojek melalui medium, dimana 30% dari seluruh transaksi e-money yang ada di Indonesia berasal dari dompet digital satu ini.


2. OVO

Meski data yang ditunjukan oleh iprice (situs perbandingan harga, dan voucher) OVO menunjukan penurunan pada 2018, namun pada 2019 ini OVO berhasil menempati diposisi kedua sebagai dompet digital paling banyak digunakan. Tidak hanya untuk transaksi online, OVO juga bisa digunakan sebagai pembayaran offline, salah satunya bisa melalui Matahari mall.


3. DANA

DANA duduk diposisi ketiga, ini adalah dompet digital yang bisa dibilang baru namun memiliki pengguna yang cukup banyak. Mulai hadir sebagai platform terbuka pada tahun 2018, DANA langung memiliki pengguna yang stabil dan menduduki posisi ketiga.


DANA sendiri adalah aplikasi yang dihadirkan berkat kerjasama antara Ant Financial dengan Emtek group. Para pengguna dompet ini bisa menggunakannya untuk transaksi di Bukalapak.


4. LinkAja

Pada tahun 2019, LinkAja berhasil menduduki posisi ke empat dengan pengguna terbanyak. Perlu kita ketahui, LinkAja adalah sebuah dompet digital hasil dari merger dari BUMN seperti T-Cash, Unikqu, Mandiri e-cash, T-Bank, dan juga T-Money.


5. ShopeePay

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan dompet digital saat ini, riset Neurosensum mencatatkan, dompet digital ShopeePay menduduki posisi pertama sebagai dompet digital yang paling banyak digunakan, dibandingkan dengan OVO, DANA, dan LinkAja. Hasil riset Neurosensum menemukan, dalam tiga bulan terakhir, arena persaingan dompet digital semakin dinamis. Dengan kemudahannya transaksi gratis ongkir dan juga saldo deposit murah. Meski belum genap setahun hadir di Indonesia, ShopeePay memimpin pembayaran digital untuk belanja online.




Diposting pada tanggal 2021-04-29 14:43:48. Dilihat sebanyak 243 kali.



Baca Tips Agen Pulsa Murah Lainnya:

3 Langkah Memulai Bisnis Pulsa

1. Daftar Agen Pulsa

Pendaftaran agen pulsa murah portal pulsa gratis, mudah, & langsung aktif bisa deposit & transaksi pulsa & PPOB

Daftar Agen Portal Pulsa

2. Deposit Saldo

Deposit saldo 24 jam online, Saldo Otomasis masuk, Bank transfer lengkap, Minimal deposit hanya 10rb

Deposit Saldo Agen Pulsa

3. Transaksi Pulsa

Setelah saldo terisi, langsung bisa transaksi pulsa via jalur pulsa terlengkap, bisa pengisian tanpa kode produk.

Transaksi Pulsa & PPOB